Tuesday, December 8, 2015

5 Toko Belanja Online Favorite Netizen


Hasil survei kepada warga di 7 kota pulau Jawa yang rutin belanja online selama 2015 didapat 5 toko online yang cukup populer dari survei bulan Desember 2015, 2 diantaranya sangat mendominasi. Lazada dan OLX inilah jawara toko online di 7 Kota besar ini, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Malang, Surakarta dan Surabaya. Dilevel menengah Tokopedia dan Zalora bersaing cukup berimbang sementara di urutan terbawah ada Rakuten dan brand senior Kaskus.
Produk pilihan terfavorite mereka adalah Baju, Sepatu, Tas dan Buku, khususnya Novel. Online shoping rata-rata dilakukan pada bulan Januari dan Juli, perilaku belanja ini mungkin berhubungan dengan bonus kantor dan jelang Lebaran.

Apa kelebihan toko - toko online tersebut hingga bisa membuat konsumen loyal?! Simak...

OLX situs jual beli online yang eksis sejak 2005, dahulu bernama Toko Bagus kemudian Berniaga merger pada November 2014. Situs ini menjadi pilihan karena kemudahannya mempertemukan pedagang dan pembeli dengan kategori prosuk yang sangat lengkap.
Lazada hadir pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara. Dipercaya karena gencar memasang iklan, dan kampanye mereka sukses membuat konsumen beranggapan situs ini dapat diandalkan.

Zalora Indonesia, soal kebutuhan mode pakaian disinilah gudangnya. Didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Belanja melalui situs ini tidak dikenakan biaya pengiriman ke seluruh Indonesia dan garansi pengembalian barang jika pelanggan merasa tidak puas atas produk yang diterimanya. Inilah daya tarik utama bagi konsumen.
Tokopedia sudah ada sejak 2009, memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. Peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015. Sistem pembayaran di Tokopedia menggunakan sistem Rekening Bersama. Tokopedia berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan.

Bagaimana dengan Kaskus?! brand yang cukup tua dan lama malang melintang sejak 1999 sebagai situs forum komunitas netizen terbesar Indonesia ini berhasil meraih kepercayaan dari membernya yang berjumlah jutaan. Sistem layanan Jual Beli Kaskus menyediakan sistem pembayaran secara online melalui KasPay, sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.